TERIMA KASIH BAGI PENGUNJUNG BLOGSPOT :SCAD BUKITKEMUNING SEMOGA AGAN SEMUA MENGGUNAKAN NYA DENGAN BIJAK THANKS FOR LIKE bY VIAN88AJA

Sabtu, 15 September 2012

Cara Mengatasi Orang Egois di Sekitar Anda



Cara Mengatasi Orang Egois di Sekitar AndaMungkin tidak akan menjadi masalah jika orang-orang di sekitar kita adalah ramah, sabar, rendah hati, dll. Namun di tengah lingkungan kerja, keluarga, atau di tempat aktifitas lainnya; pasti kita akan menemukan dengan orang yang memiliki sifat egois. Untuk berhadapan dengan lawan yang memiliki sifat ini maka kita membutuhkan beberapa cara mengatasi orang egois. Orang egois biasanya hanya mementingkan diri sendiri. Berhadapan dengan orang seperti ini tentu sangat menjengkelkan. Bagaimanakah sebaiknya kita bersikap menghadapi orang egois?
Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi orang egois yang berguna untuk kebaikan kita.

1. Bersikap Sabar

Sabar, ini adalah sikap yang harus Anda miliki dalam menghadapi orang egois. Tanpa sikap sabar, Anda pasti akan dibuat jengkel oleh orang egois. Ketika merasa jengkel, Anda tidak akan bida menghadapi orang egois dengan baik.

2. Bersikap Lebih Peka

Sebagian orang yang memiliki sifat egois biasanya karena memiliki masalah pribadi. Selain itu, beberapa orang juga menjadi egois karena pengalaman buruk di masa lalu sehingga enggan menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan orang lain. Cobalah bersikap lebih peka dan memahami dirinya. Anda bisa menunjukkan sikap bahwa Anda ingin membantu mengatasi masalahnya.

3. Cobalah Memberikan Kritik

Apabila Anda cukup mengenal baik orang yang memiliki sifat egois, cobalah untuk memberikan kritik. Kritikan Anda bertujuan agar dia melakukan introspeksi untuk memperbaiki dirinya. Kritikan ini akan sangat efektif jika Anda sudah memiliki hubungan yang sangat dekat dengan orang yang memiliki sifat egois.

4. Ungkapkan Perasaan Anda

Jika lawan Anda taka kunjung sadar bahwa dirinya sangat egois, sebaiknya Anda ungkapkan saja perasaan Anda mengenai sikapnya. Ungkapkan apa saja akibat sifat keegoisannya bagi diri Anda dan orang lain. Dalam mengungkapkan perasaan Anda janganlah menggunakan kata-kata yang cenderung menyudutkan atau menghakimi lawan Anda.

5. Cobalah untuk Berkompromi

Cobalah untuk berkompromi dengan lawan Anda. Terkadang dengan melakukan kompromi, lawan Anda akan lebih mengerti dan tidak bersikap egois lagi.

6. Paparkan Keuntungan yang akan Didapat

Orang egois biasanya hanya akan melakukan sesuatu jika menuntungkan dirinya. Untuk berkerja sama dengan orang seperti ini, Anda harus menjelaskan kentungan apa yang bisa didapat jika dia bekerja sama dengan Anda.

7. Penuhi Janji Anda

Jika Anda menjanjikan keuntungan padanya, pastikan Anda bisa memenuhinya. Ketika Anda gagal memenuhi keuntungan yang Anda janjikan, pastinya orang itu akan hilang rasa kepercayaannya pada diri Anda dan semakin bersikap egois.

8. Kurangi Interaksi

Ketika segala upaya sudah Anda lakukan dan tetap gagal, sebaiknya Anda mengurangi interaksi dengan orang itu. Membatasi interaksi bukan berarti Ada memusuhinya. Namun sebaiknya Anda tidak terlalu mengambil hati atas segala tingkah lakunya.
Semoga tips cara mengatasi orang egois di atas dapat bermanfaat bagi Anda!

0 komentar:

Posting Komentar